Tuesday 6 August 2013

filosofi kue lebaran

Menjelang lebaran, dapur rumah gue mulai penuh dengan leletan-leletan mentega. Beberapa sudut juga menjadi keputihan, tepung agak berserakan. Kondisi dapur yang udah mirip kelas memasaknya chef Juna ini ngebuat gue mau gak mau mesti ikutan beres-beres juga. Tiap taun, nyokap emang hampir gak pernah absen buat bikin kue kering menjelang lebaran. Sayangnya, beberapa jadi terlalu kering. Dari sekian banyak kue yang dibuat nyokap, mungkin hampir separonya gue yang makanin. Dengan kata lain, gue bisa dibilang cukup paham soal kue-kue nyokap. Dari mulai yang kurang enak,sampe yang kurang enak banget.

Biasanya ada aja kue “putri salju” yang nyelip di salah satu toples di rumahgue. Ntah itu bikin sendiri, dibikinin orang lain, atopun beli. Sebenernya gue gak terlalu suka sama ini kue. Alasan utamanya sih karena gak ada kejunya. Di samping itu, gue punya sudut pandang yang agak beda soal kue-kuean ini. Menurut gue, kue putri salju itu kayak orang yang nyembunyiin sedihnya dengan senyuman tipis. Liat aja itu kue, dia diselimutin sama gula halus yang pas dimakan rasanya justru agak kontras sama rasa adonan aslinya. Banyak orang yang di kesehariannya mirip dengan kue putri salju ini. Bagian luarnya gak semanis yang ada di dalam. Ketikalo tau kedua rasa itu gak cocok, lo bakan berhenti nyobain itu kue. So, stop to act like this Snow White.

Sebenernya sih gue kurang suka sama yang namanya ngemilin kue kering. Selain gak kerasa di perut, kalorinya juga banyak. Tapi yang namanya udah suka, gue gak bakalan bisa nolak kalo disodorin kue dengan rayuan “banyak kejunya kok”. Gue merasa dicuci otak sama iluminati. Gue gak bakalan bisa berenti makan itu kue sampe toplesnya kosong. Gue merasa lemah di hadapan kue-kue dengan unsur keju ini. Terutama castengel. Gue suka sifat yang ditunjukin dari kue nastar ini. Terutama kalo nyokap yang bikin. Menurut gue, kalo di kehidupan sehari-hari, mungkin nastar ini bisa dibilang kayang ustad, kayak pendeta, kayak biksu. Mereka emang Cuma minority. Di rumah-rumah, jumlah mereka pasti kalah banyak dari kacang-kacang goring terkutuk itu. Tapi mereka punya taste yang gak bisa dianggap main-main. Permukaannya lembut, ngebuat siapapun segan begitu ngeliatnya. Ada rasa manis yang jujur dari tiap gigitannya. kalo diibaratin, nastar ini kayak khotbah yang biasa lengket, nyisahin pelajaran di dalem pikiran kita. Bedanya, nastar Cuma bisa lengket di dalem mulut. Paling nyakngkut dikit di anus.

Gak ada salahnya kalo kita menjalani hidup kayak castengel. Dengan tutur kata selembut keju. pikiran yang lebih manis dari susu. Gue harap, suatu saat gue bakalan ber-reinkarnasi dalam bentuk setoples castangel. Sweet..

No comments:

Post a Comment